Analisis Kesesuaian Capaian Pembelajaran (CP) Sejarah dengan Buku Teks IPS Kelas X Tema 01 Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, Waktu pada Kurikulum Sekolah Penggerak

Susilawati, Susilawati (2022) Analisis Kesesuaian Capaian Pembelajaran (CP) Sejarah dengan Buku Teks IPS Kelas X Tema 01 Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, Waktu pada Kurikulum Sekolah Penggerak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_SUSILAWATI_18046042_4814_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Istilah capaian pemebelajaran dalam kurikulum sekolah penggerak merupakan hal baru dan belum banyak diteliti oleh orang. Masalah tersebut menjadi latar belakang dilakukanya penelitian tentang kesesuaian CP dengan buku teks IPS kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesesuian capaian pembelajaran dengan buku teks pelajaran IPS kelas X program sekolah penggerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik content analisys. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sumber data primer berupa dokumen (capaian pembelajaran dan buku teks pelajaran IPS). Sumber data sekunder yang digunakan berupa bukubuku penunjang, jurnal, artikel, arsip dll. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan terhadap aspek capaian pembelajaran mengenai kesesuaian capaian pembelajaran dengan buku teks pelajaran IPS. Analisis data menggunakan persentase (%) dan analisis integrasi, pencatatan, reduksi dan derivasi. Temuan penelitian yakni secara umum capaian pembelajaran sejarah belum sepenuhnya sesuai dengan buku teks pelajaran IPS tema 01 Sejarah Indonesia: Manusia, ruang, dan waktu. Capaian pembelajaran terdiri dari dua elemen yaitu elemen pemahaman konsep sejarah dan elemen keterampilan proses sejarah. Pada elemen pemahaman konsep sejarah terdiri dari empat rumusan CP, hanya CP 1 yang sesuai dengan buku teks pelajaran IPS yaitu memahami konsep dasar ilmu sejarah sebesar (100%). Selebihnya CP 2 memahami tentang asal-usul nenek moyang, CP 3 memahami kerajaan Hindu-Budha, dan CP 4 memahami kejarajaan islam. Ketiga CP tetsebut tidak sesuai dengan buku teks pelajaran (0%). Keterampilan proses sejarah yaitu menerapkan keterampilan saintifik dalam proses pembelajaran sejarah. Capaian pembelajaran sejarah pada elemen ketermpilan proses terdiri dari 6 rumusan CP tetapi hanaya CP 1 yang sesuai dengan buku teks pelajaran yaitu tentang penelitian sejarah sebesar (17%) selebihnya CP 2, CP 3, CP 4, CP 5, CP 6 tidak seseuai dengan buku teks (0%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:54
Last Modified: 06 Dec 2022 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41204

Actions (login required)

View Item View Item