Susilawati, Susilawati
(2022)
Analisis Kesesuaian Capaian Pembelajaran (CP)
Sejarah dengan Buku Teks IPS Kelas X Tema 01 Sejarah
Indonesia: Manusia, Ruang, Waktu pada Kurikulum Sekolah
Penggerak.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Istilah capaian pemebelajaran dalam kurikulum sekolah penggerak
merupakan hal baru dan belum banyak diteliti oleh orang. Masalah tersebut
menjadi latar belakang dilakukanya penelitian tentang kesesuaian CP dengan buku
teks IPS kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesesuian capaian
pembelajaran dengan buku teks pelajaran IPS kelas X program sekolah
penggerak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik
content analisys. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan sekunder. Sumber data primer berupa dokumen (capaian pembelajaran
dan buku teks pelajaran IPS). Sumber data sekunder yang digunakan berupa bukubuku
penunjang, jurnal, artikel, arsip dll. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan terhadap aspek
capaian pembelajaran mengenai kesesuaian capaian pembelajaran dengan buku
teks pelajaran IPS. Analisis data menggunakan persentase (%) dan analisis
integrasi, pencatatan, reduksi dan derivasi.
Temuan penelitian yakni secara umum capaian pembelajaran sejarah belum
sepenuhnya sesuai dengan buku teks pelajaran IPS tema 01 Sejarah Indonesia:
Manusia, ruang, dan waktu. Capaian pembelajaran terdiri dari dua elemen yaitu
elemen pemahaman konsep sejarah dan elemen keterampilan proses sejarah. Pada
elemen pemahaman konsep sejarah terdiri dari empat rumusan CP, hanya CP 1
yang sesuai dengan buku teks pelajaran IPS yaitu memahami konsep dasar ilmu
sejarah sebesar (100%). Selebihnya CP 2 memahami tentang asal-usul nenek
moyang, CP 3 memahami kerajaan Hindu-Budha, dan CP 4 memahami kejarajaan
islam. Ketiga CP tetsebut tidak sesuai dengan buku teks pelajaran (0%).
Keterampilan proses sejarah yaitu menerapkan keterampilan saintifik dalam
proses pembelajaran sejarah. Capaian pembelajaran sejarah pada elemen
ketermpilan proses terdiri dari 6 rumusan CP tetapi hanaya CP 1 yang sesuai
dengan buku teks pelajaran yaitu tentang penelitian sejarah sebesar (17%)
selebihnya CP 2, CP 3, CP 4, CP 5, CP 6 tidak seseuai dengan buku teks (0%).
Actions (login required)
|
View Item |