Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sosiologi Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota

Yolanda, Rifi (2022) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sosiologi Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Rifi_Yolanda_18058156_4018_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sosiologi Kelas XI IPS 1 Di SMA N 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Kecamatan Akabiluru yang berjumlah 32 siswa. Instrument penelitian ini yaitu pedoman observasi, lembar observasi aktivitas belajar, dan soal pretest dan postest. Indikator keberhasilan aktivitas belajar yaitu minimal 60% dari total siswa dan tingkat ketuntasan (KKM 78). Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang dikuatkan oleh lembar observasi, pretest dan postest. Data ini dikuatkan juga oleh data deskriptif kualitatif yang berupa data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran think pair share secara efektif dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran sosiologi. Hal ini ditunjukkan oleh siklus ke dua, diantaranya pada indikator membaca materi 73.4%, indikator mengajukan pendapat maupun bertanya 70.2%, indikator mencatat materi maupun tugas 74.9%, indikator mendengarkan pendapat 67.7%, indikator mengingat materi 71.8% dan pada indikator menunjukkan minat dalam belajar 71.8%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa klasikal telah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorJunaidi, JunaidiUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:54
Last Modified: 06 Dec 2022 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41203

Actions (login required)

View Item View Item