Yolanda, Rifi
(2022)
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share
dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sosiologi Kelas XI IPS 1 di
SMAN 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan Model Pembelajaran Think
Pair Share Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sosiologi Kelas XI IPS 1
Di SMA N 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Kecamatan Akabiluru
yang berjumlah 32 siswa. Instrument penelitian ini yaitu pedoman observasi, lembar
observasi aktivitas belajar, dan soal pretest dan postest. Indikator keberhasilan
aktivitas belajar yaitu minimal 60% dari total siswa dan tingkat ketuntasan (KKM
78). Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang dikuatkan oleh
lembar observasi, pretest dan postest. Data ini dikuatkan juga oleh data deskriptif
kualitatif yang berupa data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui
model pembelajaran think pair share secara efektif dapat meningkatkan aktivitas
belajar pada mata pelajaran sosiologi. Hal ini ditunjukkan oleh siklus ke dua,
diantaranya pada indikator membaca materi 73.4%, indikator mengajukan pendapat
maupun bertanya 70.2%, indikator mencatat materi maupun tugas 74.9%, indikator
mendengarkan pendapat 67.7%, indikator mengingat materi 71.8% dan pada
indikator menunjukkan minat dalam belajar 71.8%. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa klasikal telah terpenuhi.
Actions (login required)
|
View Item |