Rosdilla, Rosi
(2022)
Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring di SMA
Negeri 10 Batanghari, Jambi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat
permalasahan selama pembelajaran daring dikarenakan pandemi covid-19, dari
pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring menggunakan media
Whatsapp Group dan google clasroom Selain itu masih terlihat rendahnya respon
siswa dan partisipasinya dalam mengikuti pembelajaran daring menunjukkan
bahwa kesiapan siswa masih kurang dalam melaksanakan pembelajaran dimana
proses belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa terhadap pembelajaran daring. Hal
ini akan berpengaruh kapada hasil belajarnya karena hasil belajar tidak dapat
dipisahkan dari proses belajar. Salah satu unsur-unsur dalam pembelajaran daring
adalah siswa dimana siswa mengalami kesulitan selama pembelajaran daring
seperti sinyal yang tidak memadai, kendala paket kuota, susah membuka materi
yang diberikan lewat beberapa media baik dari WA grup dan Google classroom.
Dikarenakan rumah siswa yang tidak terjangkau oleh sinyal. Dalam permasalahan
ini peneliti memaparkan tentang bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran
daring di SMA Negeri 10 Batanghari.
Penelitian ini dianalisis dengan teori kontruktivisme oleh Piaget, dimana
teori kontruktivisme sistem penjelasan tentang bagaimana siswa sebagai individu
beradaptasi dan memperbaiki pengetahuan dengan membangun pengetahuan
mereka sendiri berdasarkan interaksi di lingkungan sekitar mereka.
Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi
penelitian studi kasus intrinsik . Pengumpulan data di mulai pada bulan April
2021-Juni 2022. Lokasi penelitian di SMA 10 Batanghari. Teknik pemilihan
informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah informan
28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan
studi dokumentasi, pengumpulan data mengunakan teknik triangulasi sumber dan
dianalisis dengan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian ini
ditemukan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran daring di SMA Negeri 10
Batanghari menimbulkan berbagai persepsi antara siswa dan siswi kelas X dan XI
IPS sebagai berikut: persepsi siswa terhadap absensi dalam pembelajaran daring,
persepsi siswa terhadap motivasi guru pada saat pembelajaran daring, persepsi
siswa terhadap metode pembelajaran daring, persepsi siswa terhadap media
belajar daring, persepsi siswa terhadap sumber belajar, persepsi siswa terhadap
bahan belajar, persepsi siswa terhadap media pembelajaran, persepsi siswa
terhadap penilaian harian/ ujian/ kuis pada saat pembelajaran daring, dan persepsi
siswa terhadap tugas yang diberikan pada saat pembelajaran daring.
Actions (login required)
|
View Item |