Analisis Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus: Ruas Jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Dadok Tunggul Hitam)

Fikri, Nuzul (2022) Analisis Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus: Ruas Jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Dadok Tunggul Hitam). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NUZUL_FIKRI_1732080_375_2022.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Ruas Jalan Parak Laweh dan Jalan Utama Dadok Tunggul Hitam yang melewati kawasan pemukiman penduduk terdapat adanya pasar yang berlokasi di pinggir jalan. Hal ini mengakibatkan banyaknya hambatan samping berupa kendaraan yang parkir di bahu jalan dan pejalan kaki yang berbelanja di kawasan pasar sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi terganggu. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui kinerja ruas jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan ruas jalan Pasar Pagi Dadok Tunggul Hitam pada kondisi eksisting dan mengetahui perbandingan kinerja ruas jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan Jalan Pasar Dadok Tunggul Hitam sebelum dan sesudah menggunakan alternatif solusi menggunakan Uji Paired Sample t-Test. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menganalisis data menggunakan metode yang terdapat dalam MKJI 1997. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pelayanan jalan pada ruas jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Dadok Tunggul Hitam termasuk pada kategori B. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan alternatif solusi, nilai kecepatan arus bebas, kapasitas, dan derajat kejenuhan pada ruas jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Dadok Tunggul Hitam menggunakan Uji Paired Sample t-Test didapatkan rekomendasi untuk meminimalisir terjadinya gangguan arus lalu lintas akibat adanya pasar yang terdapat disisi jalan yaitu dengan menggunakan alternatif menghilangkan kendaraan yang parkir/berhenti dan dengan menggunakan alternatif dengan menghilangkan pejalan kaki dan menghilangkan kendaraan parkir/berhenti. Akan tetapi nilai dari tingkat pelayanan jalan sesudah dilakukan perhitungan menggunakan alternatif solusi tetap berada pada kategori B.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
CorrectorUtama, Rizky IndraUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:46
Last Modified: 05 Dec 2022 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41196

Actions (login required)

View Item View Item