Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar oleh Guru Geografi di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam

Nurhayati, Nurhayati (2022) Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar oleh Guru Geografi di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NURHAYATI_18045067_4604_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pemanfaatan sumber belajar oleh guru geografi di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis; 1) Ketersediaan sumber belajar yang dimanfaatkan oleh guru geografi di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam, 2) Sumber belajar yang dimanfaatkan oleh guru geografi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam, 3) Kreativitas guru geografi dalam pemanfaatan sumber belajar di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mana melalui penelitian nu k:ita dapat mengetahui dan memahami bagaimana gambaran terkait pemanfaatan sumber belajar oleh guru geografi di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Adapun informan dalam penelitian ini adalah tiga orang guru geogafi, kepala sekolah, dan wakil sarana prasarana sebagai penyedia sumber belajar di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam, serta tiga orang siswa yaitu perwakilan dari kelas X, XI, dan XII yang juga dijadikan sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu malalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian/display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Ketersediaan sumber belajar yang dimanfaatkan oleh guru geografi di SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam umurnnya cukup tersedia, namun masih perlu ditingkatkan lagi, karena jumlah dari setiap jenis sumber belajar sumber belajar yang ada sangatlah terbatas. 2) Sumber belajar yang sering digunakan merupakan sumber belajar yang sudah tersedia di sekolah. Guru sering menggunakan sumber belajar seperti, guru sebagai sumber belajar utama, buku perpustakaan dan beberapa bahan ajar dari internet 3) Kreativitas guru dalam pemanfaatan sumber belajar masih kurang, karena sumber belajar yang dimanfaatkan guru umumnya berupa sumber belajar yang sudah disediakan oleh sekolah, guru jarang mengolah dan menggunakan jenis sumber belajar yang variatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorU, IswandiUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:55
Last Modified: 05 Dec 2022 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41188

Actions (login required)

View Item View Item