Praktik Politik Uang pada Pemilihan Kepala Desa, Studi Kasus : Pilkades Desa Ladang Panjang Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun

Rahmi., Nur Amilia Kartika (2022) Praktik Politik Uang pada Pemilihan Kepala Desa, Studi Kasus : Pilkades Desa Ladang Panjang Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NUR_AMILIA_KARTIKA_RAHMI_18058061_4168_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana Praktik Politik Uang Pada Pemilihan Kepala Desa Ladang Panjang tahun 2021. Indonesia merupakan salah satu Negara Demokrasi terbesar di dunia, setiap warga Negara Indonesia mempunyai kedaulatan dalam memilih dan dipilih baik di tingkat nasional sampai tingkat lokal seperti di Provinsi Jambi salah satunya Desa Ladang Panjang. Desa Ladang Panjang merupakan salah satu Desa yang melakukan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES), yang mana ini merupakan pesta demokrasi bagi masyarakat Desa Ladang Panjang untuk memilih Kepala Desa. Desa Ladang Panjang sendiri sudah dilaksanakan beberapa kali pemilihan Kepala Desa. Tahun 2021 lalu, selalu yang terpilih adalah Kepala Desa dengan latar belakang Orang Ber uang. Menarik untuk melihat bagaimana Praktik Politik Uang Pada Pemilihan Kepala Desa di Desa Ladang Panjang. Penelitian ini dianalisis memakai teori Fenomenologi Alfred Scrutz. Teori Fenomenologi adalah penjelasan terkait Fenomena perbuatan manusia yang dialami secara sadar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai Teknik purposive sampling dengan informan penelitian berjumlah 30 orang, mencakup masyarakat dan timses. Data yang dikumpulkan memakai teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Dalam menganalisis data menggunakan trianugulasi data dan memakai model Miles dan Huberman, bagiannya adalah reduksi data, penyajian data sekaligus penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan Praktik Politik Uang Pada Pemilihan Kepala Desa Ladang Panjang, yakni 1) Dinamika dalam Pemilihan Kepala Desa Tahun 2021, 2) Makna Politik Uang dalam Masyarakat, 3) Sikap terhadap Politik Uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorFebrianto, AdriUNSPECIFIED
CorrectorGautama, M. IsaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Dec 2022 07:05
Last Modified: 02 Dec 2022 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41186

Actions (login required)

View Item View Item