Pengaruh Lingkungan Sosial dan Potensi Diri terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Suryani, Dilla (2022) Pengaruh Lingkungan Sosial dan Potensi Diri terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DILLA_SURYANI_17053121_2314_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh lingkungan sosial dan potensi diri terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP, 2) Pengaruh lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP, 3) Pengaruh potensi diri terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 21. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP sebanyak 195 orang. Cara pengambilan sampel ditentukan menggunakan teknik Proportional Random Sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 132 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedasitas. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear berganda meliputi uji F (stimultan), koefisien determinan (R2 ), dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) lingkungan sosial dan potensi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP. 2) lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP. 3) potensi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil 54,7% pengaruh lingkungan sosial dan potensi diri terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorSyamwil, SyamwilUNSPECIFIED
CorrectorYulhendri, YulhendriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:33
Last Modified: 02 Dec 2022 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41183

Actions (login required)

View Item View Item