Penanaman Nilai-nilai Patriotisme pada Pembelajaran Sejarah di MAN 1 Kerinci

Syah, Mhd Asrian (2022) Penanaman Nilai-nilai Patriotisme pada Pembelajaran Sejarah di MAN 1 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_MHD_ASRIAN_SYAH_18046049_4905_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kenyataan bahwa perkembangan arus globalisasi membawa dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah mengakibatkan menurunnya sikap patriot yang dimiliki oleh peserta didik di MAN 1 Kerinci. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai- nilai patriotisme pada pembelajaran sejarah di MAN 1 Kerinci. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bersifat deskriptif. Pemilihan informan dilakukan secara snowball sampling yang melibatkan 7 orang informan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan model B. Miles dan Huberman yang meliputi empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Penanaman nilai-nilai patriotisme pada pembelajaran sejarah telah di integrasikan kedalam materi pelajaran dan seluruh kegiatan pembelajaran yang meliputi tiga tahapan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang dikombinasikan dengan menggunakan berbagai model, metode dan media yang beragam yang secara tidak langsung membentuk perilaku peserta didik yang mencerminkan nilai-nilai patriotisme. Penanaman nilai- nilai patriotisme menggunakan pendekatan pembiasaan, emosional, fungsional dan keteladanan. Nilainilai patriotisme yang ditanamkan guru pada saat pembelajaran sejarah meliputi keberanian, rela berkorban, disiplin, kerja keras, kerja sama dan pantang menyerah. (2) Faktor pendukung dalam penanaman ialah penggunaan model, motode dan media pembelajaran yang bervariasi serta dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MAN 1 Kerinci seperti Pramuka,PMR, OSIM, PIK-R, Paskibra dan lainnya juga mendukung upaya dalam penanaman nilai-nilai patriotisme dan faktor penghambat penanaman nilai ialah pemahaman, motivasi, minat, kondisi, dan sikap yang dimiliki oleh setiap peserta didik berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorZafri, ZafriUNSPECIFIED
CorrectorMichelia, ElfaUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:52
Last Modified: 01 Dec 2022 08:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41181

Actions (login required)

View Item View Item