Analisis Geometri Jalan Tambang Area Loading Point Pit 2 Menuju Stockpile terhadap Produktivitas Alat Angkut Fuso 220 PS di CV. Dian Purnama Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat

Shidiq, Muhammad (2022) Analisis Geometri Jalan Tambang Area Loading Point Pit 2 Menuju Stockpile terhadap Produktivitas Alat Angkut Fuso 220 PS di CV. Dian Purnama Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_MUHAMMAD_SHIDIQ_17137062_652_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas alat angkut yaitu jalan angkut yang digunakan. Jalan angkut yang baik adalah jalan angkut yang dapat membuat operasional alat angkut berjalan secara optimal. Jalan angkut yang menghubungkan area front loading pit 2 dengan stockpile berjarak ±440 meter yang terdiri dari 4 segmen. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kondisi jalan angkut Loading Point menuju stockpile saat ini pada setiap segmen, membuat rencana perbaikan agar kondisi jalan angkut agar sesuai standar yang telah ditentukan, menganalisis pengaruh perbaikan geometri jalan angkut terhadap travel speed alat angkut Mitsubishi Fuso 220 PS, dan menganalisis pengaruh perbaikan geometri jalan angkut terhadap produktivitas alat angkut Mitsubishi Fuso 220 PS. Dengan adanya analisis jalan angkut maka diketahui perlu adanya perbaikan terhadap geometri jalan angkut pada jalan lurus dengan lebar ideal 4,92 meter, jalan tikungan 7,35 meter, pembentukan cross slope 40 mm/m, pembuatan superelevasi sehingga beda tinggi yang harus dibuat adalah 0,29 meter, dan perlunya tindakan perawatan jalan angkut. Melalui perbaikan tersebut, dengan target produksi batubara 5.000 ton/bulan, diketahui secara teoritis produktivitas yang semula 125,66 ton/jam meningkat menjadi 186,92 ton/jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZakri, Rizto SaliaUNSPECIFIED
CorrectorAnaperta, Yoszi MingsiUNSPECIFIED
CorrectorMaiyudi, RikoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:44
Last Modified: 01 Dec 2022 04:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41169

Actions (login required)

View Item View Item