Pelayanan Kesehatan bagi Narapidana dalam Rangka Pemenuhan Hak Narapidana pada Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Muaro Padang

Putri, Febi Julita (2022) Pelayanan Kesehatan bagi Narapidana dalam Rangka Pemenuhan Hak Narapidana pada Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Muaro Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Febi_Julita_Putri_18042081_4409_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan kesehatan bagi narapidana dalam rangka pemenuhan hak narapidana pada masa pandemi covid19 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Muaro Padang. Pemenuhan hak atas kesehatan merupakan kewajiban Negara terhadap warga negaranya termasuk para narapidana sebagai penyelenggara pelayanan publik yang berkewajiban memenuhi hak-hak dasar warganya termasuk hak atas kesehatan dan pendidikan sebagaimana yang diamanatkan konstitusi. Latar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya langkah promosi kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan, kurangnya ketersediaan sumber daya tenaga kesehatan, kondisi Lapas yang telah mengalami kelebihan kapasitas (overload), dan kurangnya persediaan obat-obatan dan fasilitas kesehatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang informan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data terdiri atas 3 (tiga) tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah pelayanan kesehatan bagi narapidana telah dilaksanakan dengan baik namun belum sepenuhnya optimal karena mengalami beberapa hambatan diantaranya, jumlah tenaga kesehatan belum memadai, kurangnya biaya kesehatan yang dimiliki oleh Lapas, persediaan obat-obatan belum lengkap, dan alat kesehatan belum memadai. Lapas Kelas IIA Muaro Padang telah berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan narapidana bekerjasama dengan Puskesmas Padang Pasir, Rumah Sakit M. DJamil Padang, Rumah Sakit Jiwa HB. Sa’nin Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang, Dinas Provinsi Sumatera Barat, serta memberdayakan kader dan tamping di Lapas Kelas IIA Muaro Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEriyanti, FitriUNSPECIFIED
CorrectorYusran, RamadaniUNSPECIFIED
CorrectorAlhadi, ZikriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:36
Last Modified: 01 Dec 2022 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41164

Actions (login required)

View Item View Item