Pengembangan Media Multimedia Berbasis Android (M2BA) untuk Meningkatkan Berpikir Kronologis Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Periode Praaksara

Folanda, Gio (2022) Pengembangan Media Multimedia Berbasis Android (M2BA) untuk Meningkatkan Berpikir Kronologis Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Periode Praaksara. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_GIO_FOLANDA_20161008_4678_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan media dan menghasilkan media yang layak, praktis dan efektif guna untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis serta sebagai solusi dari kurangnya variatif media yang digunakan guru dan kurangnya kemampuan berpikir kronologis peserta didik maka dikembangkan produk M2BA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Subjek penelitian adalah 4 orang ahli terdiri dari ahli materi, media, dan bahasa serta subjek penelitian selanjutnya 6 orang guru mata pelajaran sejarah dan peserta didik kelas X IPS 1 dan X IPS 2 SMAN 4 Kerinci tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi, soal tes serta angket dalam bentuk skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari penjabaran tahapan penelitian tahap pertama yaitu analisis kebutuhan merupakan faktor pendukung perlunya dilakukan pengembangan media M2BA. Hasil penelitian tahap perancangan dihasilkan kerangka awal media M2BA. Tahap Pengembangan dihasilkan draft media yang akan diuji kelayakan oleh para ahli dan hasil analisis uji kelayakan ahli materi diperoleh rata-rata 3,46, ahli media dengan rata-rata 3,4 dan ahli bahasa dengan rata-rata 3,41 dari penilaian ahli dihasilkan M2BA yang memenuhi kriteria layak. Hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh rata-rata 3,76 untuk setiap aspeknya dan hasil praktialitas dari peserta didik diperoleh rata-rata 3,5 yang memenuhi kriteria praktis. Kemudian selajutnya uji efektivitas dengan uji independen sampel t-tes posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen maka diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dalam artian Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain terdapat pengruh penggunaan M2BA terhadap kemampuan berpikir kronologis peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media M2BA layak, praktis serta efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis peserta didik pada pembelajaran sejarah Indonesia periode praaksara.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorErniwati, ErniwatiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:35
Last Modified: 01 Dec 2022 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41162

Actions (login required)

View Item View Item