Persepsi Masyarakat Tentang Penambangan Emas tanpa Izin (PETI) di Desa Ranjo Batu Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal

Yono, Agus Tri (2022) Persepsi Masyarakat Tentang Penambangan Emas tanpa Izin (PETI) di Desa Ranjo Batu Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_AGUS_TRI_YONO_18042025_4108_2022.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah bagaimana mendeskripsikan persepsi masyarakat tentang Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Ranjo Batu Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal. Dimana kegiatan PETI ini sudah ada sejak tahun 2008 dan belum memiliki izin dari pemerintah. Adanya kegiatan PETI menuai pro dan kontra dikalangan masyarakat sehingga menimbulkan berbagai persepsi akibat dari dampak yang ditimbulkan dari kegiatan PETI ini. Sebagian masyarakat berpandangan bahwa adanya kegiatan ini sangat positif karena membantu perekonomian mereka dan tidak sedikit pula masyarakat yang berpandangan negatif karena berdampak kepada lingkungan dan kondisi sosial di Desa Ranjo Batu. Pendapat atau aspirasi masyarakat nantinya bisa menjadi satu hal yang harus di pertimbangkan bagi pemerintah dalam membuat suatu kebijakan. Tujuan dari penelian ini untuk melihat bagaimana persepsi masyarakat tentang PETI di Desa Ranjo Batu yang dilihat dari aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek lingkungan hidup. Jenis penlitian yang digunakan penelitian deskrptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Desa Ranjo Batu berjumlah 1736 jiwa. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Untuk mengetahui jumlah sampel peneliti menggunakan Rumus Slovin dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer dan dokumentasi sebagai data sekunder. Kemudian data diolah mengunakan Rumus TCR dan diklasifikasikan dalam 3 kriteria yakni baik, cukup baik dan kurang baik. Berdasarkan hasil dari kuesinoer yang dibagikan kepada masyarakat diketahui persepsi masyarakat tentang Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang dilihat dari aspek ekonomi memiliki indeks persepsi baik dengan persentase sebesar 76,77 persen, dilihat dari aspek sosial memiliki indeks persepsi cukup baik dengan persentase 59,19 persen dan dilihat dari aspek lingkungan hidup memiliki indeks persepsi kurang baik dengan persentase 53, 61 persen. Karena secara sosial hubungan masyarakat dengan para pelaku tambang cukup baik sedangkan dari asepek ekonomi berdampak positif bagi kondisi ekonomi Masyarakat akan tetapi kegiatan PETI ini berdampak negatif terhadap linkungan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarak, AdilUNSPECIFIED
CorrectorMagriasti, LinceUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:37
Last Modified: 30 Nov 2022 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41158

Actions (login required)

View Item View Item