Alfina, Ade
(2022)
Analisis Nilai-Nilai
Pendidikan Akidah untuk Anak-Anak pada Serial Animasi Riko The Series di
Platform YouTube.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Akidah merupakan pondasi yang membangun agama Islam dan sebagai
dasar diterimanya amalan seseorang sehingga akidah menjadi sangat penting
dalam kehidupan beragama seorang Muslim. Untuk menanamkan akidah yang
benar dan kuat yaitu akidah tauhid adalah melalui pendidikan. Pendidikan akidah
dimulai sejak anak-anak. Orang tua dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan
akidah pada anak-anaknya melalui pemanfaatan tayangan-tayangan yang
mengedukasi, salah satunya serial animasi Riko The Series yang ada di platform
YouTube. Animasi Riko The Series mengandung banyak nilai-nilai pendidikan
akidah yang ruang lingkupnya mencakup rukun iman. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan akidah yang terdapat pada serial
animasi Riko The Series serta menganalisis nilai-nilai tersebut. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik
analisis isi (content analysis). Data penelitian terdiri dari enam video animasi Riko
The Series yang telah dipilih dan berbagai sumber kepustakaan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akidah yang terdapat pada serial
animasi Riko The Series, yaitu 1) kalimat thayyibah, yang terdiri dari kalimat
tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), basmalah (bismillah), istighfar
(astaghfirullah), salam, maasyaa Allah, Insyaa Allah; 2) asma’ul husna, yang
terdiri dari Al-Khaliq, Al-Hafizh, Al-Muqit, Ar-Razzaaq, Al-Jamil, An-Naafi’, AsySyakuur,
Al-Qadir, dan Al-Mujib; Iman kepada kitab Allah dengan mengimani isi
Al-Qur’an Iman kepada rasul Allah dengan mengikuti Rasulullah, dan Iman
kepada Hari Akhir dengan mempercayai adanya surga dan neraka.
Actions (login required)
|
View Item |