Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2021/2022

Sukma, Vanny Adisman (2022) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Vanny_Adisman_Sukma_18029025_4439_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang menjadi tujuan dari pembelajaran matematika. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMPN 3 Lubuk Basung masih rendah. Hal ini di lihat dari hasil jawaban tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal ulangan harian ditemukan bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat dan benar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan Pendekatan Konvensional dan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di kelas VII SMPN 3 Lubuk Basung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan The Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 3 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan VII E sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh P-value = 0,007. Karena P-value < α , maka tolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:14
Last Modified: 29 Nov 2022 08:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41150

Actions (login required)

View Item View Item