Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan PowerPoint pada Pembelajaran IPA Kelas V di SDIT Nurul Ilmi Kota Pariaman

Putriana, Sania (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan PowerPoint pada Pembelajaran IPA Kelas V di SDIT Nurul Ilmi Kota Pariaman. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FIP Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SANIA_PUTRIANA_20124030_3135_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan PowerPoint pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media multimedia interaktif khususnya pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Yaitu pengembangan multimedia interaktif menggunakan PowerPoint pada pembelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Nurul Ilmi Kota Pariaman. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Output dari multimedia interaktif menggunakan PowerPoint ini berupa file yang dapat di install dengan mudah, sehingga memudahkan siswa dalam proses pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian, uji validitas dari multimedia interaktif memiliki rata-rata sebesar 4,38 dapat dikatakan multimedia interaktif menggunakan PowerPoint “sangat baik”. Dengan demikian, multimedia interaktif menggunakan PowerPoint ini sudah valid. Dari hasil praktikalitas dengan rata-rata sebesar 4,7 dapat dikatakan multimedia interaktif menggunakan PowerPoint “sangat baik”. Dengan demikian, multimedia interaktif menggunakan Power Point ini sudah praktis untuk dipakai dalam menguji efektivitas. Dari uji efektivitas, hasil test yang didapatkan menyatakan bahwa 91% dari jumlah siswa kelas V di SDIT Nurul Ilmi mendapatkan nilai di atas KKM sesudah menggunakan mutimedia interaktif menggunakan PowerPoint. Berdasarkan ketetapan peneliti sebelumnya bahwa jika 85% dari jumlah siswa kelas V di SDIT Nurul Ilmi mendapatkan nilai di atas KKM setelah menggunakan multimedia interaktif menggunakan PowerPoint, maka produk ini dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNellitawati, NellitawatiUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, PowerPoint
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:30
Last Modified: 29 Nov 2022 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41145

Actions (login required)

View Item View Item