Pengembangan Media Buku Digital untuk Mengenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Taman Kanak_Kanak

Sakdiah, Halimatus (2022) Pengembangan Media Buku Digital untuk Mengenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Taman Kanak_Kanak. Skripsi thesis, Program Pasca Sarjana FIP Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_HALIMATUS_SAKDIAH_20330006_3645_2022.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan, peneliti melihat permasalahan bahwa pendidik masih kesulitan dalam membuat media pembelajaran yang berbentuk pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini sementara pada perancangan rencana Pelaksanaan pembelajaran anak diterapkan untuk berprilaku hidup bersih dan sehat terutama pada masa new normal. Sehingga kurangnya media-media pembelajaran dalam pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat. Terbatasnya pembelajaran pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat yang dimiliki lembaga. Guru belum mengenal media buku digital karena pembelajaran menggunakan media buku digital masih baru dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model ADDIE dengan lima tahapan Analysis, Design, Development, mplementation, dan Evaluation (Branch). Instrumen yang digunakan yaitu instrumen validitas, instrumen praktikalitas, dan Instrumen efektivitas. Analisis data menggunakan skala likert dengan melihat analisis validitas, Analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas. Uji coba terbatas dilakukan kelompok B di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina sebanyak 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku digital memiliki validitas media dan validitas materi dengan kategori sangat valid. Selanjutnya implementasi dilakukan di Taman Kanak-kanak ABA Kajai pada kelompok B sebangak 20 siswa. Hasil menunjukkan pada kemampuan awal anak yaitu 90 % dan hasil akhir sebesar 88 % Jadi dapat disimpulkan bahwa media buku digital untuk pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisormahyuddin, NeniUNSPECIFIED
CorrectorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:35
Last Modified: 28 Nov 2022 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41140

Actions (login required)

View Item View Item