Pengembangan Modul Project Based Learning pada Bimbingan TIK Selama Masa Pandemi di SMP N 9 Padang

Khairani, Eka (2022) Pengembangan Modul Project Based Learning pada Bimbingan TIK Selama Masa Pandemi di SMP N 9 Padang. Masters thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_05_EKA_KHAIRANI_20138012_3088_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Inovasi dan pengembangan proses pembelajaran khususnya pada masa pandemi covid-19, yaitu proses pembelajaran yang disampaikan melalui Pembelajaran online. Untuk mendukung pengetahuan siswa, diperlukan kefektifan siswa pada pembelajaran online. Sehingga dapat menciptakan ide-ide baru dalam penyampaian pendidikan Pembelajaran yang menarik dan mandiri membutuhkan media yang dapat merangsang minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran, tidak hanya terpaku pada benda mati tanpa adanya interaksi langsung dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana validitas dan efektivitas & kepraktisan Modul PjBL.Modul ini diimplementasikan di SMP N 9 Padang dan akhirnya dari evaluasi didapatkan validitas, praktis dan efektifitas media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Modul Pembelajaran berbasis Proyek Modul yang efektif pada mata pelajaran TIK berbasis Modul PjBL. yang dirancang sebagai media pembelajaran alternatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan Model ADDIE dengan prosedur pengembangan yaitu tahap Analisis, Definisi, Perancangan, Implementasi dan Evaluasi.Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini: Validitas media dinyatakan valid dengan nilai 89,35 oleh ahli media dan 88,25 oleh ahli materi. Kepraktisan media dari tanggapan dosen mendapat skor 85,42% (praktis) dan 84,11 (praktis) oleh tanggapan guru. Keefektifan media pada uji keefektifan, 80% siswa mendapat nilai 75 (efektifitas klasikal). Dan dari segi gain score mendapat nilai 0,44% (sedang), sehingga Modul Pembelajaran berbasis Proyek dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Modul Project Based Learning dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran TIK di SMP N 9 Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorAdri, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorWakhinuddin, WakhinuddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul, PjBL, TIK, Pandemi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:35
Last Modified: 28 Nov 2022 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41137

Actions (login required)

View Item View Item