Ramadhan, Alfajri
(2022)
Tinjauan Kualitas Jasa Pajak Kendaraan
Bermotor di Kantor Sistem Manunggal Satu
Atap (Samsat) Bukittinggi Saat Pandemi
COVID-19 dengan Metode Servqual.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Kualitas Jasa
Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Sistem Administrasi Manunggal
Satu Atap (Samsat) Bukittinggi dengan Metode Servqual. Penelitian ini
dilakukan di Kantor Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) Bukittinggi
yang beralamat di Jalan Medan Lama Gadut, Kec. Tilatang Kamang,
Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Penelitian ini berbentuk penelitian
deskriptif dengan pendekatan Kualitiatif. Teknik pengumpulan data yang
penulis gunakan yaitu wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian
adalah data primer dan data sekunder. Dimana data primer diperoleh
melalui wawancara dan data sekunder diperoleh berupa data target dan
realisasi penerimanan pajak kendaraan bermotor.
Berdasarkan hasil penelitian pada Kantor Samsat Bukittinggi ada 5
aspek penilaian kualitas jasa yang berdasarkan pada (1) Aspek Tangible
penampilan pegawai dalam memakai masker yang sering jatuh dari
wajahnya yang membuat wajib pajak merasa terganggu. Selain itu wajib
pajak merasa tidak nyaman saat menunggu antrian yang lama. (2) Aspek
Reliability pada aspek ini pegawai sudah tepat dalam memberikan
pelayanan. (3) Aspek Responsiviness pada indikator ini pegawai dalam
memberikan pelayanan sudah cepat dan sesuai dengan waktu terbukti tidak
ada wajib pajak yang mengeluh selama pelayanan pajak kendaraan
bermotor selama masa pandemi COVID-19 ini. (4) Aspek Assurance pada
indikator ini jaminan, biaya dan kesopanan terbukti tidak adanya wajib
pajak yang mengeluh dalam pelayanan. (5) Aspek Emphaty pada indikator
ini pegawai Samsat saat melayani wajib pajak tegas dan ramah dan tidak
adanya pegawai yang cuek kepada wajib pajak.
Actions (login required)
|
View Item |