Pengaruh Model Pembejaran Kooperatif Tipe Auditory, Intellectual, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang

Wendry, Rosa Pebrina (2022) Pengaruh Model Pembejaran Kooperatif Tipe Auditory, Intellectual, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Rosa_Pebrina_Wendry_18029045_4093_2022.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang menjadi salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Akan tetapi pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang masih rendah, terlihat dari hasil yang diperoleh peserta didik dari soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan berupa soal cerita ditemukan bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat sesuai dengan indikator-indikator pemecahan masalah matematis. Salah satu upaya yang dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectuall, Repetition (AIR) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe AIR lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan yang terjadi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe AIR pada peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang dengan kelas X AKL 1 dan X AKL 2 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, terlihat bahwa pada taraf nyata diperoleh P-value = 0,000. Karena P-value < α maka ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe AIR lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:10
Last Modified: 22 Nov 2022 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41120

Actions (login required)

View Item View Item