Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) tentang Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMA

Lestari, Pingki (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) tentang Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Pingki_Lestari_18031052_4290_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran guru di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh menggunakan buku paket dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), namun guru lebih sering menggunakan LKPD. Bahan ajar yang digunakan diharapkan dapat memotivasi peserta didik, tapi jika dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh masih tergolong rendah, sehingga media pembelajaran yang membantu peserta didik berpikir kritis dan kreatif adalah LKPD berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) tentang materi pencemaran lingkungan untuk SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan Four-D Models yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini dilaksanakan sampai tahap pengembangan, sedangkan tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penyebaran produk secara komersial. Data yang didapatkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data adalah lembar wawancara untuk guru, angket observasi peserta didik, angket uji validitas dan angket praktikalitas. Tahap pendefinisian dan tahap perancangan dilakukan pengumpulan data dengan mewawancarai satu orang guru biologi dan menyebarkan lembar angket peserta didik kepada 28 orang peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh. Tahap pengembangan dilakukan uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh. Uji praktikalitas dilakukan oleh satu orang guru biologi dan 28 orang peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh. Berdasarkan hasil analisis awal-akhir bahan ajar yang dikembangkan adalah LKPD berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan untuk peserta didik SMA. Bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sebanyak 82,1% peserta didik menyukai bahan ajar yang memiliki gambar, berwarna, dan materi pelajaran singkat, padat, dan jelas. Peserta didik menyatakan bahwa materi pencemaran lingkungan termasuk materi yang sulit. Hasil validitas LKPD berbasis STEM adalah 91,38% (sangat valid) dan hasil uji praktikalitas oleh guru sebesar 100% (sangat praktis) dan 87,19% (praktis) oleh peserta didik. Rata-rata nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik adalah sebesar 93,6% (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:02
Last Modified: 21 Nov 2022 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41108

Actions (login required)

View Item View Item