Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) pada Materi Ekosistem untuk Kelas X SMA/MA

Nofriands, Putri Septi (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) pada Materi Ekosistem untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Putri_Septi_Nofriands_18031162_4619_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 menuntut peserta didik memiliki kreativitas, inovasi, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah melalui media pembelajaran yang berkualitas. Dalam proses pembelajaran guru sudah menerapkan Kurikulum 2013 dengan pendekatan STEM. Media pembelajaran yang sering digunakan guru biologi di SMA Negeri 4 Pariaman yaitu: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), namun LKPD yang digunakan oleh guru belum berbasis STEM. Oleh sebab itu, dengan penggunaan LKPD diharapkan mampu berkomunikasi, berkolaborasi, dan memberikan kreativitas serta mengembangkan keterampilan melalui media pembelajaran dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Dari hasil wawancara dan observasi pada peserta didik kemampuan peserta didik dalam pemahaman materi ekosistem serta kreativitas masih sangat rendah. Oleh karena itu, dikembangkan LKPD berbasis STEM tentang materi ekosistem. Penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan Four-D Models yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan sampai tahap pengembangan, sedangkan tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penyebaran produk secara komersial. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara untuk guru, angket observasi peserta didik, angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Pada tahap pendefinisian dilakukan pengumpulan data dengan mewawancarai satu orang guru biologi dan menyebarkan angket observasi peserta didik kepada 30 peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Pariaman. Pada tahap perancangan didapat hasil 60% peserta didik menyukai warna Hijau. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas dan praktikalitas. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis awal-akhir, maka LKPD yang dikembangkan adalah LKPD berbasis STEM pada materi ekosistem. Bahan ajar dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sebanyak 98% peserta didik menyukai bahan ajar yang memiliki gambar, berwarna, dan materi pelajaran singkat, padat, dan jelas. Peserta didik menyatakan bahwa materi ekosistem termasuk materi yang sulit. Hasil validitas LKPD berbasis STEM adalah 90,91% (sangat valid) dan hasil uji praktikalitas oleh guru 87,91% (sangat praktis) serta nilai praktikalitas oleh peserta didik 89,85% (sangat praktis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:01
Last Modified: 21 Nov 2022 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41106

Actions (login required)

View Item View Item