Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Terintegrasi Set Eksperimen Bunyi Menggunakan Smartphone Terinstal Sound Analyzer Basic 1.10.2 dan Frequency Generator 2.6

Khaira, Najmil (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Terintegrasi Set Eksperimen Bunyi Menggunakan Smartphone Terinstal Sound Analyzer Basic 1.10.2 dan Frequency Generator 2.6. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Najmil_Khaira_18033011_4454_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh siswa untuk menghadapi era globalisasi. Untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa dibutuhkan instrumen penilaian literasi sains siswa sebagai alat ukur. Dari obsevasi yang dilakukan, diketahui bahwa di sekolah guru telah menggunakan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan siswa, namun instrumen penilaian yang digunakan belum memenuhi indikator literasi sains, sehingga instrumen tersebut belum mampu mengukur kemampuan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian literasi sains terintegrasi set eksperimen bunyi menggunakan smartphone terinstal sound analyzer basic 1.10.2 dan frequency generator 2.6 yang valid dan reliabel. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian literasi sains pada materi gelombang bunyi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket validitas dan praktikalitas. Hasil penilaian validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken V dan hasil penilaian praktikalitas dianalisis berdasarkan kriteria interpretasi skor yang diperoleh. Berdasarkan tujuan penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama, nilai rata-rata validitas instrumen penilaian literasi sains menurut ahli adalah 0,91 yang berada pada kategori valid. Kedua, berdasarkan uji coba yang dilakukan diketahui bahwa dari 29 soal didapatkan 23 soal yang valid dengan reliabilitas 0,95 yang berada dikategori sangat tinggi. Ketiga, nilai rata-rata praktikalitas peggunaan instrumen penilaian literasi sains menurut guru adalah 75 pada kategori praktis dan 82,49 menurut siswa yang berada pada kategori sangat praktis. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian literasi sains terintegrasi set eksperimen bunyi menggunakan smartphone terinstal sound analyzer basic 1.10.2 dan frequency generator 2.6 yag dikembangkan adalah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:01
Last Modified: 21 Nov 2022 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41104

Actions (login required)

View Item View Item