Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choices Questions (MCQ) Ujian Akhir Semester Ganjil Sosiologi Kelas XII SMA Negeri 2 Kota Padang Panjang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Fajar, Rahmat (2022) Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choices Questions (MCQ) Ujian Akhir Semester Ganjil Sosiologi Kelas XII SMA Negeri 2 Kota Padang Panjang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B1_04_RAHMAT_FAJAR_18058098_3284_2022.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Kualitas suatu tes dapat diketahui dengan cara melakukan analisis pada setiap butir soal yang diujikan. Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Sosiologi buatan guru di SMA Negeri 2 Kota Padang Panjang belum pernah dianalisis baik secara kualitas dan kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII SMA Negeri 2 Kota Padang Panjang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII SMA Negeri 2 Kota Padang Panjang terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda. Soal tersebut dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Kota Padang Panjang Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory, data kuantitatif dianalisis menggunakan program Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari segi validitas isi/ konstruk soal tersebut memiliki aspek materi berkategori tinggi, aspek konstruksi berkategori tinggi, dan aspek bahasa berkategori tinggi. (2) Ditinjau dari segi validitas empiris, terdapat soal yang valid berjumlah 7 butir (17,5%) dan soal yang tidak valid berjumlah 33 butir (82,5%). (3) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal tersebut memiliki reliabilitas rendah yaitu 0,19. (4) Ditinjau dari daya pembeda, soal yang termasuk soal dengan daya pembeda jelek berjumlah 23 butir (57,5%), butir soal dengan daya pembeda cukup berjumlah 14 butir (35%), butir soal dengan daya pembeda baik berjumlah 3 butir (7,5%). (5) Ditinjau dari segi tingkat kesukaran, terdapat soal yang sangat mudah berjumlah 10 butir (25%), soal yang tergolong mudah berjumlah 6 butir (15%), soal yang tergolong sedang berjumlah 12 butir (30%), soal yang tergolong ii sukar berjumlah 5 butir (12,5) dan butir soal yang tergolong sangat sukar berjumlah 7 butir (17,5%). (6) Ditinjau dari efektivitas pengecoh, terdapat 29 butir (72,5%) yang berkualitas dan 11 butir (27,5%) yang tidak berkualitas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal yang diujikan kurang baik. Oleh sebab itu, penyusunan soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, Efektivitas Pengecoh, Sosiologi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:59
Last Modified: 21 Nov 2022 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41102

Actions (login required)

View Item View Item