Penulisan Latar Belakang Mahasiswa pada Proposal Skripsi di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan: Menganalisis Rhetorical Structure dan Kemampuan Mahasiswa

Harahap, Yulina Oktaviani (2022) Penulisan Latar Belakang Mahasiswa pada Proposal Skripsi di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan: Menganalisis Rhetorical Structure dan Kemampuan Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_YULINA_OKTAVIANI_HARAHAP_19178050_3140_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari oleh mahasiswa. Namun, menulis latar belakang masalah menjadi tugas yang berat bagi mahasiswa, terutama di tingkat perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui move yang digunakan, fungsi metadiscourse dalam hubungan move, dan kemampuan mahasiswa dalam menulis latar belakang proposal skripsi di Jurusan Bahasa Inggris Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan adalah dua puluh satu latar belakang proposal skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Move 1 (Establishing a research territory), Move 2 (Establishing a niche), dan Move 3 (Occupying a niche) ditemukan dalam latar belakang proposal skripsi mahasiswa. Namun, mahasiswa tidak melengkapi semua langkah-langkah pada struktur retorik sementara langkah pilihan lebih dominan daripada langkah wajib. Jenis metadiscourse terkait dengan move yang digunakan adalah attitude markers, transition, evidentials, boosters, hedges, frame markers, dan Engagement markers. Terkait dengan fungsi metadiscourse yang berhubungan dengan Move, sub jenis attitude markers, transition, evidential, boosters, hedges, frame markers, code glosses menjadi ciri khas Move 1. Kemudian, code glosses, booster, endophoric markers, dan hedges menjadi ciri khas Move 2 sedangkan metadiscourse pada self mention, frame markers, endhoporic markers, dan engagement markers menjadi ciri khas Move 3. Terakhir, penelitian ini menemukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menyusun latar belakang proposal skripsi termasuk kategori cukup dengan nilai rata-rata 58.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarif, HermawatiUNSPECIFIED
CorrectorSyarif, HermawatiUNSPECIFIED
ContributorHamzah, HamzahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENULIS, METADISCOURSE
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:20
Last Modified: 18 Nov 2022 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41087

Actions (login required)

View Item View Item