Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA N 1 Gunung Tuleh

Gusmalia, Gusmalia (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA N 1 Gunung Tuleh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_GUSMALIA_18029036_4860_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik memiliki pemahaman konsep matematis yang baik Namun, pemahaman konsep peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemahaman Konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gunung Tuleh. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan The nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gunung TulehT tahun pelajaran 2022/2023 dengan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui kuis dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Data nilai kuis dianalisis berdasarkan rata-rata nilai, serta persentase skor peserta didik per indikator. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa secara umum perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik mengalami peningkatan selama menggunakan model TSTS. Kemudian, berdasarkan hasil uji hipotesis, terlihat bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TSTS lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TSTS terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorTasman,, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorRusyda, Nurul AfifahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:19
Last Modified: 18 Nov 2022 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41086

Actions (login required)

View Item View Item