Pengembangan Media Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA N 1 Kecamatan Payakumbuh

Azizah, All (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA N 1 Kecamatan Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ALL_AZIZAH_17053043_6455_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penellitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran daring menggunakan aplikasi articulate storyline 3 yang layak. 2) Untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran daring menggunakan aplikasi articulate storyline 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan versi 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian berupa media ekonomi menggunaan aplikasi articulate storyline 3 yang bisa digunakan oleh guru dan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional. Bentuk dari media pembelajaran ini berupa Web dan aplikasi yang dapat dieksekusi tanpa memerlukan sistem lain untuk menjalankannya. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 80% (valid), ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 86,6% (sangat valid), ahli media diperoleh persentase sebesar 87,8% (sangat valid), dan ahli evaluasi diperoleh persentase sebesar 84% (sangat valid). Sehingga diperoleh rata-rata persentase sebesar 82% (sangat valid). Sedangkan untuk uji praktikalitas guru diperoleh persentase sebaesar 88,18% (sangat praktis) dan uji praktikalitas siswa diperoleh persentase sebesar 83,45% (sangat praktis). Sehingga diperoleh rata-rata persentase praktikalitas media pembelajaran sebesar 85,82% (sangat praktis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSofia, NitaUNSPECIFIED
CorrectorRino, RinoUNSPECIFIED
CorrectorMarwan, MarwanUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:28
Last Modified: 23 Nov 2022 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41082

Actions (login required)

View Item View Item