Hubungan Penerapan Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Mekanik PT. Astra Internasional Daihatsu dan PT. Capella Medan di Kota Padang

Azlan, Naufal (2022) Hubungan Penerapan Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Mekanik PT. Astra Internasional Daihatsu dan PT. Capella Medan di Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_09_NAUFAL_AZLAN_15073071_3209_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah industri untuk mewujudkan keberhasilan dunia usaha. Keselamatan dan kesehatan kerja adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan manusia yang bekerja di suatu institusi atau perusahaan. keselamatan kerja berfungsi untuk keadaan yang aman bagi mekanik, alat kerja, benda kerja dan lingkungan sekitarnya dari kerusakan maupun kerugian yang menimbulkan penderitaan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2020, sedangkan tempat pelaksanaan penelitian yaitu di Workshop PT. Astra Internasional Tbk-Daihatsu Padang Branch dan PT. Capella Medan Cabang Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, kuesioner digunakan untuk memperoleh data tentang aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap produktivitas kerja mekanik. Kuesioner merupakan sekelompok pertanyaan yang diberikan secara tertulis kepada 30 orang responden dengan memilih salah satu alternatif jawaban dari setiap pertanyaan secara tertutup. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk melihat hubungan beserta kekuatannya, juga untuk membuat perkiraan yang didasarkan kepada kuat atau lemahnya hubungan itu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka diperoleh adanya hubungan atau kolerasi dari tinjauan penerapan aspek K3 yang signifikan terhadap produktivitas kerja mekanik, dengan koefisien korelai r hitung (0.972) > r tabel 0.361) dan t hitung (6.064) > t tabel (1.697) pada taraf signifikan 5%. Kekuatan Hubungan Penerapan Aspek K3 Terhadap Produktivitas Kerja Mekanik sebesar 56,8 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:39
Last Modified: 18 Nov 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41080

Actions (login required)

View Item View Item