Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Discovery Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP

Ulva, Fauziah Tri (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Discovery Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FAUZIAH_TRI_ULVA_15029128_4498_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Materi segiempat dan segitiga merupakan salah satu materi yang cukup erat dan penerapannya sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian persentase kelulusan peserta didik yang tertera pada Puspendik Kemendikbud pada materi penafsiran luas bangun datar yang hanya mencapai 29,07%. Salah satu faktor baik tidaknya suatu proses pembelajaran dapat berlangsung adalah ketersediaan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik yang dapat membantu pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model discovery learning yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model penelitian Plomp yang terdiri dari beberapa tahap; (1) fase investigasi awal yang terdiri dari analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep, (2) fase pengembangan yang terdiri dari perancangan, evaluasi sendiri, validasi yang dilakukan oleh pakar, evaluasi perorangan, dan evaluasi pada kelompok kecil, (3) fase penilaian yang dilaksanakan pada kelompok besarnamun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap evaluasi kelompok kecil. Data penilitian diperoleh dari hasil wawancara, dan hasil angket. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan validitas yang diperoleh dari hasil pengembangan perangkat ini diperoleh dengan rata-rata secara berturut-turu 92,32% dan 90,08% yang dikategorikan sangat valid untuk RPP dan LKPD yang telah dikembangkan. Sedangkan untuk praktikalitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memperoleh persentase secara berturut-turut 95,36% dan 86,61% dengan kategori sangat praktis dari respon peserta didik dan pendidik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model discovery learning pada materi segiempat dan segitiga telah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan, dan waktu yang diperlukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:39
Last Modified: 18 Nov 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41079

Actions (login required)

View Item View Item