Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan CTL dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Karmila, Aroma (2022) Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan CTL dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_AROMA_KARMILA_20176002_4260_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah mengalami perkembangan yang sangat pesat pada era revolusi 4.0 yang secara tidak langsung mengubah cara pandang tentang pendidikan Abad 21. Salah satu upaya untuk mendukung kemajuan pembelajaran abad 21 ini adalah dengan menggunakan bahan ajar berupa e-modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan emodul larutan penyangga berbasis pendekatan CTL dengan strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dan menganalisis tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas E-modul yang dikembangkan. E-modul ini dikembangkan menggunakan model pengembangan Ploomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap investigasi awal (preliminary research phase) tahap pengembangan atau perancangan prototype (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Setelah tahap-tahap tersebut dilakukan maka diperoleh hasil validitas, praktikalitas dan efektivitas e-modul. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar observasi, angket, dan soal literasi sains. Emodul divalidasi oleh enam orang validator ahli. Kemudian e-modul diujicobakan kepada sembilan orang peserta didik dan 36 orang peserta didik kelas XII dan 79 peserta didik kelas XI di SMAN 14 Padang. Hasil uji validitas dianalisis dengan formula Aiken’s V dan diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0.88 dengan kategori valid. Hasil praktikalitas e-modul di analisis dengan formula praktikalitas dan diperoleh nilai rata-rata kepraktisan peserta didik pada tahap small group dan field test serta rata-rata kepraktisan guru adalah sebesar 83% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas e-modul dianalisis dengan formula N-Gain dan analisis capaian literasi sains peserta didik. Hasil uji efektifitas kemampuan literasi sains peserta didik diperoleh rata-rata n-gain pada kelas eksperimen dan kontrol masingmasing sebesar 0.71 dan 0.56 dengan kategori tinggi dan sedang. Hasil analisis capaian literasi sains peserta didik untuk kelas eksperimen dan kontrol masingmasing adalah sebesar 66.3% dan 57.4% dengan kategori baik dan cukup. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul larutan penyangga berbasis pendekatan CTL dengan strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:39
Last Modified: 18 Nov 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41078

Actions (login required)

View Item View Item