Studi Pendahuluan Pengembangan E-Modul IPA Materi Energi Terbarukan pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak Kelas X SMA

Triwijaya, Anisa (2022) Studi Pendahuluan Pengembangan E-Modul IPA Materi Energi Terbarukan pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Anisa_Triwijaya_18033126_4125_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Upaya untuk menjawab tuntutan abad 21 pada dunia pendidikan adalah menerapkan pembelajaran yang memuat keterampilan abad 21 agar menciptakan peserta didik yang berkualitas. Kurikulum program sekolah penggerak memiliki tujuan yaitu untuk mengembangkan dan menguatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil belajar pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis permasalahan pembelajaran, menganalisis karakteristik peserta didik, menganalisis tujuan pembelajaran, menganalisis setting pembelajaran, mendeskripsikan hasil literatur review e-modul IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini merupakan sebuah studi pendahuluan yang marujuk pada tahap Preliminary Research pada model pengembangan Plomp. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X di SMAN 2 Padang dan SMAN 9 Padang yang menerapkan kurikulum sekolah penggerak. Guru juga menjadi subjek penelitian ini. Data didapatkan dengan menggunakan lembar wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dinyatakan lima hasil penelitian ini. Pertama, permasalahan yang dihadapi oleh guru yaitu tujuan pembelajaran dengan nilai 47,40 berada pada kategori cukup, metode pembelajaran 48,96 kategori cukup, materi pembelajaran 65,00 kategori kuat, bahan ajar 51,25 kategori cukup dan evaluasi pembelajaran 50,00 kategori cukup. Kedua, karakteristik peserta didik yaitu motivasi belajar dengan nilai 70,20 kategori kuat, gaya belajar yang dominan dimiliki oleh peserta didik adalah kinestetik dengan nilai 68,81, minat belajar 60,59 kategori cukup dan sikap 58,92 kategori cukup. Ketiga, hasil analisis tujuan pembelajaran menunjukkan kompetensi memiliki nilai 48,48 kategori cukup, konten 41,67 kategori cukup, variasi 43,77 kategori cukup dan KKO 54,17 kategori cukup. Keempat, hasil analisis setting pembelajaran berada pada kategori sesuai dengan nilai 58,93. Kelima, hasil literatur review pengembangan e-modul IPA secara keseluruhan berada pada kategori valid, sangat praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:39
Last Modified: 18 Nov 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41077

Actions (login required)

View Item View Item