Praktikalitas dan Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Konflik Kognitif Materi Momentum dan Impuls dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA

Fitri, Atikah Dian (2022) Praktikalitas dan Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Konflik Kognitif Materi Momentum dan Impuls dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Atikah_Dian_Fitri_1803308_4635_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perkembangan IPTEK di Abad 21 telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, khususnya proses pembelajaran. Pada pembelajaran fisika, siswa dituntut harus paham konsep dan konsep yang ada pada diri siswa haruslah sesuai dengan konsep yang diterima secara ilmiah, bukan konsep yang menyimpang (miskonsepsi). Momentum dan impuls adalah salah satu materi fisika, dimana pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah dan sering terjadi miskonsepsi. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan bahan ajar berbasis konflik kognitif mengintegrasikan real experiment video analysis. Peneliti terdahulu telah mengembangkan bahan ajar ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan praktikalitas dan efektivitas terhadap produk bahan ajar tersebut. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan yaitu evaluasi formatif (small group evaluation) dan tahap penilaian yaitu keefektifan produk bahan ajar. Sedangkan pada tahap penelitian pendahuluan dan tahap pengembangan hingga evaluasi formatif (one to one evaluation) telah dilakukan pada penelitian terdahulu.Instrumen yang digunakan adalah lembar angket untuk uji praktikalitas dan lembar tes konsep untuk uji efektivitas. Sampel penelitian adalah 9 orang siswa program MIPA untuk praktikalitas, dan 74 siswa (2 kelas sampel) program MIPA untuk efektivitas. Data hasil angket dianalisis dengan dengan teknik presentase pada setiap komponen, sedangkan data tes konsep dianalisis dengan uji Mann-Whitney. Hasil analisis data angket praktikalitas di dapat rata-rata presentase pencapaian komponen secara keseluruhan 87,76 dengan kriteria sangat praktis sedangkan hasil uji efektivitas diperoleh Sig. Asim < 0,05sehingga hipotesis kerja H 1 diterima yang artinya terdapat pengaruh bahan ajar terhadap pemahaman konsep. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis konflik kognitif mengintegrasikan real experiment video analysis materi momentum dan impuls telah praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:39
Last Modified: 18 Nov 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41076

Actions (login required)

View Item View Item