Pengembangan Early Warning System Bencana Banjir Menggunakan Sensor Ultrasonik dan Curah Hujan Berbantuan Iot dengan Display Smartphone

Ramadhiani, Dhea Dinda (2022) Pengembangan Early Warning System Bencana Banjir Menggunakan Sensor Ultrasonik dan Curah Hujan Berbantuan Iot dengan Display Smartphone. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DHEA_DINDA_RAMADHIANI_18034106_3974_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Banjir merupakan bencana yang sering terjadi di Indonesia.Setiap tahun terjadi peningkatan kejadian banjir sehingga menimbulkan risiko kerugian yang relatif besar.Tingginya kejadian bencana ini memerlukan tindakan preventif seperti sistem peringatan dini untuk mengurangi risiko tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi performanasi dan spesifikasi desain early warning system bencana banjir menggunakan sensor ultrasonik dan curah hujan berbantuan IoT dengan display smartphoneyang valid dan parktis. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengn model 4-D. Menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontroler untuk membaca dan mengolah data dari ultrasonik HC-SR04 untuk mendeteksi jarak air terhadap sensor dan tipping bucket untuk mendeteksi curah hujan. Selain itu, ESP8266 telah dilengkapi dengan koneksi internet sehingga EWS dapat memberikan informasi yang dapat diakses secara real-time melalui aplikasi blynk pada smartphone yang terhubung dengan internet.Alat ini juga dirancang untuk memberikan peringatan berupa buzzer dan notifikasi pada smartphone dan email.Pengujian sensor dilakukan dengan membandingkan pembacaan sensor dengan alat standar dimana data pengukuran ketinggian air dibandingkan dengan penggaris, dan pengukuran curah hujan dibandingkan dengan gelas ukur. Pengujian sensor dilakukan dengan memvariasikan 10 data sehingga diperoleh rata-rata error sebesar 2,16%, akurasi relatif rata-rata 97,84% pada ultrasonik dan error rata-rata 1,25%, dan akurasi relatif rata-rata 98,75% pada tipping bucket. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tipping bucket dan sensor ultrasonik merupakan alat yang tepat dan akurat untuk memberikan informasi peringatan dini tentang potensi banjir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:39
Last Modified: 18 Nov 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41075

Actions (login required)

View Item View Item