Analisis Tegangan Poros Engkol pada Kendaraan Roda Dua dengan Menggunakan Software Solidworks

Iski, Muhammad Iqbal (2022) Analisis Tegangan Poros Engkol pada Kendaraan Roda Dua dengan Menggunakan Software Solidworks. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_07_MUHAMMAD_IQBAL_ISKI_18338036_3240_2022.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Sepeda motor terdapat salah satu komponen penting yaitu poros engkol (crankshaft). Poros engkol adalah komponen dengan geometri yang kompleks pada mesin pembakaran, berfungsi mengubah gerak translasi (gerak bolak-balik) piston menjadi gerak berputar terhadap poros. Poros engkol dioperasikan pada putaran tinggi sehingga poros engkol mengalami beban siklus yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi beban yang terjadi pada poros engkol kendaraan roda dua berbahan material AISI 1045 Steel, cold drawn dengan melakukan analisis static structural dengan tipe meshing tetrahedral 3D solid elements pada poros engkol menggunakan Solidworks. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan simulasi komputer dengan software berbasis Metode Elemen Hingga. Dilakukan untuk mendapatkan besarnya nilai tegangan yang terjadi pada lokasi kritis, perpindahan yang terjadi pada poros engkol dan faktor keamanan. Model poros engkol 3D dibuat melalui software Solidworks. Beban kemudian diterapkan pada crankpin dan kondisi batas diterapkan pada crank journal. Hasil yang diperoleh dari analisis tersebut untuk mengetahui distribusi tegangan Von Mises, perpindahan dan faktor keamanan pada poros engkol akibat pembebanan secara statik. Gaya reaksi yang disebabkan gaya aksi yang diberikan terhadap crankpin sebesar 11.659,28 N. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diketahuinya nilai tegangan Von Mises, perpindahan, deformasi dan faktor vi keamanan melalui hasil simulasi Solidworks. Didapatkan hasil menggunakan Solidworks adalah tegangan Von Mises, perpindahan, dan faktor keamanan. Tegangan maksimum sebesar 80,69 MPa yang terletak diantara crank journal dan balancer weight atau pada bagian fillet, Tegangan minimum sebesar 8,264e-09 MPa, perpindahan maksimum diperoleh sebesar 2,787e-03 mm dan FOS (factor of safety) minimum diperoleh sebesar 6,568 maka dinyatakan aman. Kesimpulan dari hasil simulasi statik dengan Solidworks bahwa beban yang bekerja pada poros engkol dapat dinyatakan aman karena tegangan berada dibawah yield strength poros engkol (530 MPa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Poros engkol, Solidworks, Tegangan Von Mises, Perpindahan, FOS
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:37
Last Modified: 18 Nov 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41069

Actions (login required)

View Item View Item