Hubungan Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik

Kartikasari, Wenny Audina (2022) Hubungan Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_WENNY_AUDINA_KARTIKASARI_19151052_2960_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami perilaku prokrastinasi akademik di Oku Timur, Kota Palembang. self regulated learning dan dukungan sosial orangtua merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perilaku prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) self regulated learning, dukungan sosial orangtua, dan perilaku prokrastinasi akademik, (2) hubungan self regulated learning terhadap perilaku prokrastinasi akademik, (3) hubungan dukungan sosial orangtua terhadap perilaku prokrastinasi akademik, dan (4) hubungan self regulated learning dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah 626 peserta didik, sampel berjumlah 244 orang peserta didik dan dipilih dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhanadan regresi ganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) self regulated learning peserta didik berada pada kategori tinggi, (2) dukungan sosial orangtua peserta didik juga berada pada kategori tinggi, (3)perilaku prokrastinasi akademik peserta didikberada dikategorikan tinggi(4) terdapat hubungan self regulated learning secara signifikan terhadap pengurangan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik, (5) terdapat hubungan dukungan sosial orangtu asecara signifikan terhadap pengurangan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik dan (6) terdapat hubungan self regulated learning dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama terhadap pengurangan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Buay Madang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarjohan, MarjohanUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RizkiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SELF REGULATED LEARNING DAN PROKRASTINASI AKADEMIK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:37
Last Modified: 18 Nov 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41068

Actions (login required)

View Item View Item