Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Payakumbuh

Budiman, Restu Oktavia (2022) Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RESTU_OKTAVIA_BUDIMAN_18016178_4169_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks deskripsi karya siswa kelas VII MTsN 1 Payakumbuh. Kedua, mendeskripsikan unsur kebahasaan teks deskripsi karya siswa kelas VII MTsN 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa struktur dan unsur kebahasaan dalam teks deskripsi siswa. Sumber data penelitian ini adalah teks deskripsi siswa kelas VII MTsN 1 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun pelajaran 2021/2022berjumlah 20 teks deskripsi. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrumen). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik uraian rinci (Thick description). Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Hasil penelitian menunjukkan dari 20 teks deskripsi siswa yang telah dianalisis, dari segi struktur teks, ditemukan 14 teks deskripsi siswa yang memiliki struktur lengkap (identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan). Selanjutnya ditemukan 5 teks yang terdiri dari struktur identifikasi dan deskripsi bagian, dan selanjutnya ditemukan 1 teks deskripsi siswa yang terdiri dari struktur identifikasi dan simpulan. Kemudian dari aspek unsur kebahasaan, ditemukan sembilan 91 penggunaan preposisi, 56 penggunaan sinonim, dan 6 penggunaan majas dalam kalimat penulisan teks deskripsi oleh siswa kelas VII MTsN 1 Kota Payakumbuh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, struktur dan unsur kebahasaan siswa kelas VII MTsN 1 Kota Payakumbuh sudah baik. sudah banyak siswa yang menggunakan struktur serta unsur kebahasaan yang difokuskan. Hanya saja, belum semua siswa menuliskan struktur serta unsur kebahasaan yang difokuskan secara lengkap dalam teks deskripsinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:01
Last Modified: 15 Nov 2022 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41064

Actions (login required)

View Item View Item