Evaluasi Geometri Peledakan Overburden Untuk Mendapatkan Fragmentasi Ideal Di PT. Tambang Raya Usaha Tama (TRUST) Kutim,Kalimantan Timur

Darmawan, Muhamad (2022) Evaluasi Geometri Peledakan Overburden Untuk Mendapatkan Fragmentasi Ideal Di PT. Tambang Raya Usaha Tama (TRUST) Kutim,Kalimantan Timur. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_11_MUHAMAD_DARMAWAN_15137016_3224_2022.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Pertambangan Batubara PT. Tambang Raya Usaha Tama (TRUST) dengan sistem penambangan terbuka. Pada pit alternatif 3 terdapat bongkahan atau boulder100 cm dengan persentase lebih kurang 40%. Sedangkan target fragmentasi di perusahaan 20%. Jadi Bongkahan yang dihasilkan dari proses peledakan akan membuat pemuatan tanah penutup menjadi terganggu. Nilai digging time pada Excavator Hitachi PC 2500 yang terlalu lama tentu akan mengakibatkan produktivitas alat gali muat terganggu. Adapun rata-rata digging time dari alat gali muat Excavator Hitachi PC 2500 terhadap material hasil peledakan dari kegiatan peledakan aktual yaitu ±15 detik (CTM). Digging time ini masih jauh dari waktu digging time standar yang ditetapkan perusahaan yaitu berada dikisaran 10 – 12 detik. Metode penelitian dilakukan dengan rancangan geometri peledakan berdasarkan metode R L Ash, Konya, dan ICI Explosive. Hasil analisis distribusi fragmentasi menggunakan metode R.L.Ash dengan distribusi fragmentasi ukuran 100 cm yang tertahan 5% dengan powder faktor 0,56 kg/bcm. Metode C.J Konya dengan distribusi fragmentasi ukuran 100 cm yang tertahan 8 % dengan powder faktor 0,50 kg/bcm. Metode Ici Explosive dengan distribusi fragmentasi ukuran 100 cm yang tertahan 7% dengan powder faktor 0,40 kg/bcm. berdasarkan hasil konsultasi dengan perusahaan distribusi fragmentasi ukuran 100 cm yang tertahan 19% dengan powder faktor 0,28 kg/bcm. Dari semua metode tersebut, maka metode yang optimal untuk geometri peledakan agar mendapatkan distribusi fragmentasi yang sesuai kebutuhan perusahaan, yaitu geometri peledakan berdasarkan hasil konsultasi dengan perusahaan. Hal ini dilihat dari hasil powder faktor yang tidak terlalu besar dan juga fragmentasi batuan yang didapat sesuai dengan target dari perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: C.J Konya, Digging Time, Fragmentasi, ICI Explosive, Overburden, R.L. Ash.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:57
Last Modified: 15 Nov 2022 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41051

Actions (login required)

View Item View Item