Efektivitas Metode Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Hiragana Siswa SMA Negeri 2 Bukittinggi

Miyarti, Isra (2022) Efektivitas Metode Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Hiragana Siswa SMA Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_ISRA_MIYARTI_18180040_5299_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran bahasa Jepang masih banyak pemelajar pemula yang mengalami kesulitan saat mempelajari hiragana. Salah satu kesulitan dalam mempelajari hiragana dikarenakan bentuk hiragana yang mirip sehingga berpengaruh terhadap penguasaan pemula dalam mempelajari hiragana. Berdasarkan pengamatan peneliti saat melakukan praktik pendidikan lapangan (PPLK) di SMA Negeri 2 Bukittinggi, dan wawancara yang dilakukan dengan guru bahasa Jepang di sekolah tersebut menunjukkan bahwa siswa merasa kesulitan dalam mempelajari hiragana, dan ketika siswa tidak mengerti mereka lebih memilih diam dan tidak bertanya kepada guru melainkan memilih bertanya kepada temannya. Sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan dan minat siswa dalam belajar hiragana. Oleh karena itu, diperlukan metode tertentu untuk meningkatkan minat siswa dan mempermudah siswa dalam mempelajari hiragana. Penggunaan metode tutor sebaya dimungkinkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode tutor sebaya terhadap kemampuan membaca dan menulis hiragana siswa kelas XI lintas minat bahasa Jepang SMA Negeri 2 Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain the randomized posttest only control grup. Data diambil dari random sampel penelitian kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 berjumlah 64 orang. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan hipotesis alternatif (H0) diterima pada taraf signifikan 5% karena thitung > ttabel (2,94>2,00) yang berarti kemampuan membaca dan menulis hiragana pada kelas eksperimen jauh berbeda dengan kelas kontrol. Dengan kata lain, penggunaaan metode tutor sebaya efektif terhadap kemampuan membaca dan menulis hiragana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:54
Last Modified: 16 Nov 2022 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41044

Actions (login required)

View Item View Item