Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota

Melamanda, Yovita (2022) Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_YOVITA_MELAMANDA_18234060_3559_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan elemen social media marketing 4C (context, content, communication dan connection) pada Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan informan adalah purposive sampling, yaitu penentuan informan dengan cara memilih informan yang dipercaya mempunyai pengetahuan yang baik terhadap objek penelitian. Informan dalam penelitian ini berjumlah delapan orang dengan rincian, satu orang Pustakawan dan tujuh orang Pemustaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan social media marketing 4C (context, content, communication, dan connection) sudah memenuhi dua diantara empat elemen pada promosi melalui media sosial instagram yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota. Adapun elemen yang sudah terpenuhi yaitu penerapan communication dan connection. Berdasarkan hasil penelitian penerapan context atau isi pesan yang dilihat dari kejelasan dan kelengkapan pesan belum bersifat persuasif. Penerapan content atau pengemasan pesan belum berjalan dengan efektif, terlihat dari konten yang diunggah kurang bervariasi serta tampilan feed di akun @perpustakaandaerah50k kurang menarik. Penerapan communication atau interaksi antara admin @perpustakaandaerah50k dengan followers sudah berjalan dengan baik terlihat dari komentar dan direct message yang direspon positif oleh admin. Dan penerapan connection juga berjalan dengan baik, terlihat dari penggunaan fitur hastag dalam promosi melalui media sosial instagram sehingga memudahkan followers mendapatkan informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:55
Last Modified: 11 Nov 2022 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41037

Actions (login required)

View Item View Item