“Strategi Penanganan Keluhan Pemustaka terhadap Pencarian Koleksi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Kota Bukittingi

Fazri, Nadia Erwani (2022) “Strategi Penanganan Keluhan Pemustaka terhadap Pencarian Koleksi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Kota Bukittingi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_NADIA_ERWANI_FAZRI_18234094_5675_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penanganan keluhan pemustaka terhadap pencarian koleksi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi, adapun ruang lingkup penelitian ini yaitu: (1) Keluhan Pemustaka terhadap pencarian koleksi. (2) Strategi penanganan keluhan pemutaka terhadap pencarian koleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni mengunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini dilakukan dalam empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keluhan pemustaka terhadap pencarian koleksi seperti sering tidak berfungsinya OPAC, misalnya error atau tidak ada sinyal, beberapa pemustaka tidak paham dalam penggunaan OPAC, Koleksi yang ada pada OPAC tidak sesuai dengan jajaran pada rak koleksi, sebagian pustakawan kurang acuh kepada pemustaka, dan beberapa koleksi yang kurang lengkap. (2) strategi penanganan yan dilakukan yaitu. Pertama, keluhan mekanika dengan menghubungi bagian IT untuk mengecek koneksi jaringan pada OPAC, untuk pemustaka yang tidak paham menggunakan OPAC pihak perpustakaan mmeberikan penjelasan mengenai cara penggunaan OPAC, untuk koleksi yang tidak ditemukan pihak perpustakaan membantu mencari koleksi tersebut, jika koleksi tetap tidak ditemukan pihak perpustakaan memberikan penjelasan bahwa ada beberapa kemungkinan koleksi tersebut tidak ditemukan seperti salah letak, sedang dipinjam atau sedang dalam perbaikan. Kedua, keluhan akibat sikap Pustakawan dengan penanganan yang telah dilakukan yaitu diadakan pertemuan atau rapat untuk evaluasi kinerja pustakawan. Ketiga, indikator keluhan yang berhubungan dengan pelayanan dengan penanganan yang telah dilakukan yaitu pihak perpustakaan telah melakukan pengadaan buku setiap tahunnya serta memberikan penjelasan kepada para pemustaka dengan ramah bahwa untuk menambah koleksi perpustakaan membutuhkan proses yang panjan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:54
Last Modified: 16 Nov 2022 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41036

Actions (login required)

View Item View Item