Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Merespon

Wardani, Sri Rahayu (2022) Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Merespon. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SRI_RAHAYU_WARDANI_19151038_3666_2022.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Aktivitas siswa dalam kelas sangat beragam saat mengikuti proses pembelajaran, terkadang siswa tidak berani berargumentasi atau bersifat pasif di kelas, kurang konsentrasi ketika belajar dan rasa ingin tahu siswa belum berkembang. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya keaktifan siswa dalam merespon ketika kegiatan belajar berlangsung. Beberapa cara dapat dilakukan oleh guru BK/Konselor untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam merespon salah satunya menggunakan media yang menarik seperti modul bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam merespon yang valid, (2) menghasilkan modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam merespon yang praktis digunakan dan (3) menghasilkan modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam merespon yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 3 orang ahli untuk menguji validitas modul, 4 orang guru BK/Konselor untuk menguji praktikalitas modul dan 35 siswa untuk menguji keefektifan modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam merespon berada pada kategori valid, (2) tingkat praktikalitas modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam merespon yang dikembangkan berada pada kategori sangat tinggi untuk digunakan oleh guru BK/Konselor dan siswa, (3) modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam merespon efektif untuk meningkatkan keterampilan merespon siswa. Dengan demikian, modul bimbingan dan konseling yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat dimanfaatkan guru BK/Konselor untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam merespon. Penggunaan modul ini di sekolah lain perlu penyesuaian dengan kondisi sekolah masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODUL BIMBINGAN DAN KONSELING, KETERAMPILAN MERESPON
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:38
Last Modified: 10 Nov 2022 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41005

Actions (login required)

View Item View Item