Multimodal Analysis of GoFood and GrabFood Advertisements

Azizah, Siti (2022) Multimodal Analysis of GoFood and GrabFood Advertisements. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SITI_AZIZAH_16019015_2479_2022.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis multimodal pada iklan GoFood dan GrabFood.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur linguistik, visual, dan gestur pada iklan GoFood dan GrabFood serta perbedaannya dalam merepresentasikan konsep periklanan online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah enam video iklan GoFood dan GrabFood yang dianalisis dengan menerapkan linguistik Fungsional Sistemik Halliday; Transitivitas dan suasana hati, Makna Representasi Kress dan van Leeuwen, dan Potensi Struktur Generik Cheong. Data tersebut berupa teks dan gambar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa persamaan dan perbedaan analisis linguistik, visual dan gestural antara GoFood dan GrabFood. Kesamaan ditemukan dalam analisis linguistik dan gestural antara GoFood dan GrabFood.Sedangkan perbedaannya terdapat pada struktur generik dan analisis visual GoFood dan GrabFood. Penelitian ini menemukan bahwa elemen-elemen tersebut terintegrasi dalam iklan GoFood dan GrabFood. Selain itu, struktur GSP yang dibuat di GoFood adalah lengkap (lead, display, emblem (visual), pengumuman, enhancer, emblem (linguistic), tag, dan call-and-visit information), sedangkan iklan GrabFood menggunakan call- dan-mengunjungi informasi jarang. Dengan demikian, iklan ini melibatkan konsep periklanan online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:17
Last Modified: 10 Nov 2022 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41001

Actions (login required)

View Item View Item