Multimodal Analysis in Cigarette Advertisement

Miharti, Santi (2022) Multimodal Analysis in Cigarette Advertisement. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SANTI_MIHARTI_17019109_5749_2022.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Multimodaliti adalah istilah yang banyak dibahas dalam linguistic dan semiotic. Yang artinya kombinasi mode semiotic yang berbeda, misalnya, bahasa dan music dalam artek atau peristiwa komunikatif (Leeuwen, 2005). Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji multimodal dalam iklan untuk produk rokok. Produk rokok tersebut bernama Djarum 76 dan Sampoerna Kretek. Penelitian ini dimaksudkan untuk 1) Bagaimana system semiotic pada iklan rokok Djarum 76 dan Sampoerna Kretek? 2) Apa struktur generik yang terdapat di kedua iklan tersebut? 3) Apa perbedaan sistem semiotik pada iklan Djarum 76 dan Sampoerna Kretek? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik yang difokuskan pada system multimodal yang meliputi aspek linguistik, visual, audio, dan gestural. Analisis linguistik menggunakan Systemic Functional Linguistic oleh Halliday (2004), analisis visual, audio, dan gestural menggunakan teori Anstey dan Bull (2010), dan teori Cheong (2004) tentang potensi structure untuk iklan cetak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:17
Last Modified: 10 Nov 2022 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40999

Actions (login required)

View Item View Item