Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Malalak Kabupaten Agam

Fatihan, Ibnu Fajar (2022) Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Malalak Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IBNU_FAJAR_FATIHAN_18016099_4333_2022.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui struktur, isi, dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Malalak Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks deskripsi karya siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama N egeri 2 Malalak Kabupaten Agam. Kedua, mendeskripsikan struktur isi dalam teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Malalak Kabupaten Agam. Ketiga, mendeskripsikan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa VII Sekolah Menengah Negeri 2 Malalak Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini, yaitu struktur, isi, dan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Malalak Kabupaten Agam yang diperoleh dari 12 teks deskripsi yang ditulis oleh siswa kelas VII Sekolah Menengah N egeri 2 Malalak Kabupaten Agam. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penganalisisan data dilakukan dengan cara mendeskripsikan data, menganalisis data, dan membahas data berdasarkan teori. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal sebagai berikut. Pertama, dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertamama N egeri 2 Malalak Kabupten Agam telah menggunakan ketiga struktur teks deskripsi. Hal itu terbukti dari 12 teks yang dianalisis ditemukan 10 teks yang memilki struktur identifikasi, 9 teks yang memiliki struktur deskripsi bagian, dan 8 teks yang memiliki struktur kesimpulan. Sedangkan teks yang memiliki kelengkapan struktur teks deskripsi ada 7 teks. Kedua, dilihat dari segi unsur kebahasaan, teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertamama Negeri 2 Malalak Kabupten Agam telah menggunakan ketiga unsur kebahasaan teks deskripsi. Dari 12 teks dekripsi yang dianalisis, terdapat 91 kata depan, 55 kata bersinonim, dan 250 ejaan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa unsur kebahasaan teks deskripsi yang ditulis siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Malalak Kabupaten Agam lebih dominan menggunakan ejaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:00
Last Modified: 10 Nov 2022 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40997

Actions (login required)

View Item View Item