Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan Otot Punggung dan Konsentrasi terhadap Akurasi Smash Tim Bola Voli pada Klub Putra Kandis Junior Kecamatan Kandis Kabupaten Siakd di Masa New Normal

Utami, Siti Kurniati (2022) Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan Otot Punggung dan Konsentrasi terhadap Akurasi Smash Tim Bola Voli pada Klub Putra Kandis Junior Kecamatan Kandis Kabupaten Siakd di Masa New Normal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SITI_KURNIATI_UTAMI_20199059_1744_2022.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini pada saat latihan maupun pertandingan smash yang dilakukan pada klub putra Kandis Junior ini jarang sekali pemainnya melakukan pukulan smash yang tajam sehingga hasilnya kurang memuaskan. Pada saat melakukan smash kemampuan otot tungkainya kurang sehingga lompatannya tidak maksimal, pada saat melakukan smash otot punggungnya kurang lentur sehingga tidak mendapatkan lentingan dengan baik, dan pada saat melakukan smash jarang sekali pemain berkonsentrasi untuk mengarahkan bola dengan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya ledak otot tungkai, kelentukan otot punggung dan kosentrasi, terhadap akurasi smash tim bola voli pada klub putra Kandis Junior Kecamatan Kandis Kabupaten Siak Di Masa New Normal. Jenis penelitian yaitu kuantitatif mengunakan disains penelitian dengan analisis jalur (Path Analysis). Tempat penelitian ini dilakukan di lapangan bola voli Kampung Jawa Kecamatan Kandis Kabupaten Siak pada tanggal 10 Oktober 2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sehingga sampel berjumlah 20 orang atlet putra. Pengumpulan data untuk daya ledak otot tungkai di tes dengan vertical jump, kelentukan otot punggung dengan tes sit and reach, Kosentrasi dengan grid concentration test. Sedangkan kemampuan Akurasi smash diukur dengan tes smash di lapangan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung daya ledak otot tungkai terhadap akurasi smash sebesar 12.32%. (2) Terdapat pengaruh langsung kelentukan otot punggung terhadap akurasi smash sebesar 34,45%. (3) Terdapat pengaruh langsung antara kosentrasi terhadap akurasi smash sebesar 15,44%. (4) Terdapat pengaruh tidak Langsung daya ledak otot tungkai terhadap akurasi smash melalui kosentrasi sebesar 13,91%. (5) Terdapat pengaruh tidak Langsung kelentukan otot punggung terhadap akurasi smash melalui konsentrasi sebesar 34,38%. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara daya ledak otot tungkai, kelentukan otot punggung dan konsentrasi terhadap akurasi smash Tim Bolavoli Klub Kandis Junior Kecamatan Kandis Kabupaten Siak di Masa New Normal sebesar 46,92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KELENTUKAN OTOT PUNGGUNG, AKURASI SMASH BOLAVOLI
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:22
Last Modified: 10 Nov 2022 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40989

Actions (login required)

View Item View Item