Implementasi Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung

Luqiana, Atikah (2022) Implementasi Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ATIKAH_LUQIANA_18234044_4455_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu: ( 1) untuk mendeskripsikan implementasi standar koleksi di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung; (2) untuk mendeskripsikan implementasi standar sarana dan prasarana di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung; (3) untuk mendeskripsikan implementasi standar pelayanan di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung; (4) untuk mendeskripsikan standar tenaga di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung; (5) untuk mendeskripsikan standar penyelenggaraan di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung; (6) untuk mendeskripsikan standar pengelolaan di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ada 7 orang, yaitu kepala perpustakaan, 2 orang pustakawan, dan 4 orang pemustaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Standar koleksi yang belum memenuhi standar adalah jenis koleksi perpustakaan karena tidak memiliki koleksi terbitan berkala dan audio visual, jumlah koleksi buku nonfiksi dan fiksi tidak sampai 2000 judul, koleksi referensi seperti kamus subjek, ensiklopedi, buku statistik daerah, dan direktori belum tersedia, sedangkan yang sudah memenuhi standar meliputi pengolahan bahan perpustakaan, cacah ulang dan penyiangan, serta perawatan. (2) Standar sarana dan prasarana yang belum memenuhi standar adalah gedung karena luas gedung tidak mencapai 216 m2, area perpustakaan yang belum memiliki area multimedia, dan sarana perpustakaan yang belum memiliki peralatan multimedia yang lengkap, sedangkan yang sudah memenuhi standar yaitu lokasi perpustakaan. (3) Standar pelayanan yang belum memenuhi standar adalah jam layanan yang tidak sampai 8 jam per hari kerja, jenis layanan literasi informasi yang belum tersedia, program literasi informasi dilakukan hanya 2 kali dalam setahun, promosi perpustakaan hanya dalam bentuk majalah dinding, sedangkan yang sudah memenuhi ialah program wajib baca, program pendidikan pemustaka, laporan, kerja sama, dan integrasi kurikulum. (4) Standar tenaga semua indikatomya telah memenuhi standar, yaitu jumlah dan kualifikasi tenaga, serta kualifikasi kepala perpustakaan. (5) Standar penyelenggaraan yang belum memenuhi standar yaitu nomor pokok perpustakaan yang belum ada, struktur organisasi yang belum terdiri dari layanan teknologi informasi, program kerja yang belum dibuat secara tertulis, sedangkan yang sudah memenuhi adalah penyelenggaraan perpustakaan. (6) Standar pengelolaan semua indikatomya telah memenuhi standar, yaitu misi, visi, tujuan, kebijakan, tugas, fungsi, dan anggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:18
Last Modified: 09 Nov 2022 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40977

Actions (login required)

View Item View Item