Kajian Teknis Sistem Penyaliran Tambang Terbuka PIT ABL (Anugrah Bumi Lestari) PT. Banjarsari Pribumi Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan

Pratama, Andika (2022) Kajian Teknis Sistem Penyaliran Tambang Terbuka PIT ABL (Anugrah Bumi Lestari) PT. Banjarsari Pribumi Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_12_ANDIKA_PRATAMA_20080047_3150_2022.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

PT. Banjarsari Pribumi merupakan perusahaan pertambangan batubara yang dalam proses penambangannya menggunakan metode tambang terbuka. Saat hujan air akan mengaliri area penambangan melalui saluran terbuka yang menyebabkan pendangkalan akibat longsoran dinding saluran disepanjang saluran. Dengan adanya air yang memenuhi sump menyebabkan terganggunya proses pengambilan batubara, air yang bersifat asam korosif akan menyebabkan berkurangnya umur peralatan, serta mengurangi mobilitas peralatan mekanis. Berdasarkan permasalahan yang dibahas dalam penelitian, maka penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dilapangan serta data sekunder yang diperoleh dari perusahaan.Daerah tangkapan hujan sebesar 0,675 km2dan bukaan tambang 0,1946 km2 dengan debit air limpasan 1,048 m3/detik dan debit air tanah sebesar 0,179 m3 /detik sehingga debit air total sebesar 1,227 m3 / detik. Head total 55,53 m sehingga diperlukan 2 pompa untuk mengeluarkan air dari sump. Saluran terbuka telah mampu untuk mengalirkan air dari limpasan maupun pemompaan. Didapatkan bahwa kolam akan penuh dalam waktu 146 hari atau sekitar 5 bulan. Sedangkan dengan menggunakan volume kolam rencana sebesar 22.644 m3 kolam akan penuh dalam waktu 172 hari atau sekitar 6 bulan. Perlu dilakukannya penambahan dimensi dan pengerukan settling pond secara rutin, dari perhitungan pengerukan dapat dilakukan setiap 3-5 bulan sekali agar lumpur dapat terrendapkan dengan baik Ukuran saluran terbuka dapat diminimalkan lagi sehingga air limpasan dapat tetap dialirkan dengan dimensi minimum, yang berakibat pada berkurangnya longsoran dan material yang ikut dan memudahkan saat perawatan settling pond.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rainfall, Catchment Area, Sump, Pump, Open Channel
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:12
Last Modified: 09 Nov 2022 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40969

Actions (login required)

View Item View Item