An Analysis of Students’ Ability in Reading Comprehension by Using Barrett’s Taxonomy at English Department Universitas Negeri Padang

Purnamasari, Liza (2022) An Analysis of Students’ Ability in Reading Comprehension by Using Barrett’s Taxonomy at English Department Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LIZA_PURNAMASARI_17018050_2691_2022.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam pemahaman membaca dengan menggunakan taksonomi Barrett di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Akademik 2018 yang telah mengambil kelas membaca mulai dari Basic Reading, Intermediate Reading, Advanced Reading, Critical Reading, and Extensive Reading. Sample dari penelitian ini adalah 28 mahasiwa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan test pemahaman membaca dan angket sebagai instrument penelitian. Penelitian ini menggunakan taksonomi Barrett sebagai indikator yang terdiri dari lima level yaitu: Literal, Reorganization, Inferential, Evaluation, dan Appreciation. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menghadapi kesulitan dalam memahami pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk evaluasi. Hal ini dibuktikan dengan data bahwa siswa memiliki kemampuan pemahaman evaluasi yang rendah dengan total skor rata-rata 31.79%. Selain itu, persentase tertinggi dalam pemahaman Apresiasi dengan skor rata-rata adalah 56. 55%. Kemudian, faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman membaca siswa adalah pengetahuan linguistik siswa (65.48%), persepsi siswa (63.04%), pengaruh dosen (62.50%), pengaruh keluarga (46.88%), dan lingkungan (59.52%). Oleh karena itu, dosen diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca pemahaman khususnya dalam memahami pertanyaan dalam bentuk evaluasi dengan memberikan banyak latihan baik di dalam maupun di luar kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:12
Last Modified: 12 Jun 2023 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40967

Actions (login required)

View Item View Item