Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII MTsN 1 Padang Pariaman Selama Pandemi Covid-19

Juliati, Intan Krisna (2022) Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII MTsN 1 Padang Pariaman Selama Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_INTAN_KRISNA_JULIATI_17018046_4311_2022.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Di masa pandemi COVID-19, banyak sekolah yang diwajibkan melakukan pembelajaran jarak jauh atau online learning. Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran penting yang harus dikuasai siswa agar dapat memperoleh prestasi yang baik. Salah satu penyebab mempengaruhi hasil belajar siswa yang menjadi peranan penting dalam mempengaruhi hasil belajar siswa adalah keterlibatan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas delapan di MTsN 1 Padang Pariaman selama masa covid-19 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas VIII MTsN 1 Padang Pariaman. Teknik random sampling digunakan dalam penelitian ini. Peneliti menemukan bahwa ada korelasi positif antara keterlibatan orang tua dan prestasi bahasa Inggris siswa. Hal ini dibuktikan dengan rxy (0,476) yang lebih besar dari rtabel (0,334). Hipotesis nol (Ho) dalam penelitian ini dianggap ditolak dan hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan bahwa ada hubungan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa diterima. Kesimpulannya, ada korelasi positif antara keterlibatan orang tua dan prestasi bahasa Inggris siswa. Artinya, semakin tinggi keterlibatan orang tua dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa, semakin baik prestasi bahasa Inggris mereka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:25
Last Modified: 09 Nov 2022 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40964

Actions (login required)

View Item View Item