Andrilana, Alif (2022) Pengaruh Pemasangan Water Injection Terhadap Torsi,Daya Dan SFC Dengan Variasi Jenis Bahan Bakar pada Sepeda Motor 4 Langkah Modifikasi Injeksi. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
A_09_ALIF_ANDRILANA_18073048_3208_2022.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Kenaikan temperatur udara masuk ke ruang bakar yang berlebihan menyebabkan suhu berlebih sehinga berpengaruh terhadap penurunan performa mesin, kepadatan udara yang memuai akibat temperatur udara masuk yang meningkat maupun ruang bakar menyebabkan proses pembakaran menjadi kurang sempurna sehingga mengakibatkan performa mesin menurun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dimana penelitian dimulai dengan merancang dan membuat peralatan yang akan diteliti, kemudian dilakukan pengujian menggunakan dua bahan bakar pertalite dan pertamax dengan dynotest melalui berbagai macam perlakuan (eksperimen) yaitu pengujian standar, pengujian dengan penginjeksian air kedalam ruang bakar. Pengukuran ini untuk mengukur seberapa besar pengaruhnya terhadap daya,torsi dan SFC pada sepeda motor. Berdasarkan perbandingan daya, torsi dan SFC mesin sepeda motor melalui pengujian dengan dynotest dapat disimpulkan bahwa sepeda motor dengan aplikasi water injection tidak meningkatkan daya mesin, daya mesin menurun sebesar -1,74 %, akan tetapi terjadi peningkatan pada torsi sebesar 1,30% pada bahan bakar pertalite dan peada penggunaan bahan bakar petamax meningkat 2,38% tercapai pada putaran rpm motor yang lebih rendah dibandingkan pada kondisi standar selanjutnya SFC bahan bakar pertalite meningkat sebesar 11,9 % dan penggunaan bahan bakar pertamax meningkat sebesar 18,1 %, selanjutnya pengujian menunjukkan bahwa adanya peningkatan daya dan torsi yang tidak signifikan karena setelah dilakukan analisis persentase dan uji T menunjukkan taraf signifikan tidak mencapai angka 5%.Penggunaan water injection pada sepeda motor uji modifikasi injeksi dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan torsi, dan SFC, namun sebaiknya menggunakan variasi bahan bakar yang paling efektif yaitu pertalite. peneliti menganjurkan untuk penelitian selanjutnya perlu penambahan alat pada water injection seperti sensor suhu dan penyesuaian penyemprotan terhadap bukaan katup sehingga didapatkan hasil penelitian yang baru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Water injection, Daya,Torsi Dan SFC |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1 |
Depositing User: | Mrs Risna Juita |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:37 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:37 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40963 |
Actions (login required)
View Item |